Dec 6, 2017
3 Views
0 0

Pemkot Magelang Raih Penghargaan Perpamsi Award 2017 | raffienda.com

Written by
Spread the love

KOTA, kabarMagelang.com__ -Pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Magelang terhadap Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dinilai berhasil. Kinerja perusahaan tersebut semakin bagus hingga membuat pemkot Magelang masuk nominasi peraih penghargaan Perpamsi Award 2017 dari Persatuan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi).

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Magelang, Bambang Nuryanta mengatakan, penghargaan tersebut akan diserahkan oleh Perpamsi pada Musyawarah Perusahaan Air Minum Nasional (Mapamnas) 2017 di Jakarta, Rabu (6/12)

“Kita belum tahu kategorinya apa. Pak Walikota (Sigit Widyonindito, red) akan menerima penghargaan ini secara langsung,” jelas Bambang.

Menurutnya, penghargaan yang akan diserahkan dalam musyawarah empat tahunan itu hanya diberikan kepada Pemerintah Kota/Kabupaten dan Penyelenggara Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Bambang menuturkan, Pemkot Magelang sempat menerima tinjauan dari tim penilai Perpamsi sebelum dinyatakan menjadi salah satu daerah penerima penghargaan.

“Tim penilai datang ke Kota Magelang mulai bulan Oktober-November 2017 kemarin,” ungkapnya.
Sesuai dengan surat edaran yang berasal dari Perpamsi, terdapat tiga aspek yang menjadi fokus penilaian bagi pemerintah kota/kabupaten sebagai pemilik dan penyelenggara SPAM.

Antara lain kebijakan pemerintah daerah yang mendorong peningkatan kinerja penyelenggara SPAM dalam bentuk regulasi (peraturan daerah) meliputi pendirian, kepengurusan, pembinaan dan pengelolaan, penyertaan modal dan tarif air minum penyelenggara SPAM.

Kemudian ketersediaan dan kualitas dokumen perencanaan meliputi rencana induk SPAM, rencana usaha (bussiness plan), studi kelayakan dan rencana detail (IPA, distribusi, dan lainnya).

“Penilaian terakhir pada pendelegasian/penunjukan instansi di daerah yang bertanggung jawab dalam hal perijinan, pembinaan, pengawasan (pemantauan dan evaluasi) dan pengendalian pelayanan air minum,” terang Bambang.

Sementara itu, Walikota Magelang, Sigit Widyonindito mengaku tidak menyangka Pemkot Magelang akan mendapat penghargaan ini. Ia pun akan berkomitmen untuk membawa Kota Magelang yang makin ramah dalam pelayanan.

“Hal ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Semoga akan semakin memotivasi instansi-instansi lainnya di bawah Pemkot Magelang untuk terus menunjukkan kinerja terbaik dalam melayani masyarakat,” ujar Sigit.(Kb.M1)


Source link support by raffienda.com

Article Categories:
Magelang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *